Hindari Pilek Dan Flu Yang Berjangkit di Tempat Kerja

Musim penghujan tiba! Sakit flu pun mulai mewabah. Semua orang pasti pernah terserang flu atau pilek. Tapi memang ada beberapa orang uang jarang terkena penyakit ini, ada juga yang jadi langganan kena flu. Apa sih yang membuat beda? Dan kenapa saat musim penghujan tiba, kita lebih mudah terjangkiti penyakit ini? Ada beberapa tips yang dapat Anda ambil di sini untuk menghindari flu.

1. Virus flu bertahan lebih lama di saat musim dingin, udara kering membuat virus ini lebih mudah berjangkit hanya lewat batuk atau bersin. Untuk menghindari berjangkitnya virus ini usahakan untuk membuat temperatur udara tetap hangat di ruangan sewaktu musim penghujan datang. Dengan cara ini mencegah virus menular dengan mudahnya lewat udara.

2. Tinggalkan anak-anak yang sedang sakit di rumah. Jangan bawa anak Anda yang sedang sakit ke tempat kerja. Bukan hanya tidak bagus untuk anak Anda tapi juga membawa resiko menular pada rekan kerja.

3. Hindari duduk berdekatan di tempat kerja. Jika Anda berbagi telepon dan komputer dengan orang lain, jangan ragu untuk mengelap telepon, keyboard dan mouse dengan alkohol setiap harinya. Jelaskan pada rekan Anda ini untuk melindungi dia dan Anda.

4. Jangan berbagi makanan, tempat makan atau perlengkapan di tempat kerja – Anda tidak tahu siapa yang ‘mencucinya’ terakhir kali. Pikirkan soal apa yang mereka makan, yang pasti tidak Anda ketahui.

5. Keluar lah dari ruang kantor dan hirup udara segar! Jalan-jalan lah! Dengan cara ini Anda membersihkan paru-paru sekaligus menjernihkan kepala. Saat musim penghujan kenakan baju hangat untuk membuat Anda merasa nyaman.

6. Terapkan pola makan seimbang. Perbanyak vitamin C, yougurt untuk keseimbangan usus dan protein untuk kekuatan otot. Kebanyakan dari kita capek mendengar tentang kegunaan dari pola makan seimbang tapi memang kita tidak dapat memungkiri manfaatnya. Pelajari makanan apa saja yang menyediakan elemen-elemen ini dan pertahankan.

7. Hindari apa saja yang membuat Anda alergi. Kalau Anda alergi pada kucing, hindari binatang ini selama sakit flu. Sakit flu menurunkan imun Anda dan lebih beresiko terkena virus lain yang melayang-layang di udara.

8. Cukup tidur. Pergi lah tidur lebih awal. Tak ada penyembuhan yang lebih baik selain tidur nyenyak di malam hari. Tidur memperkuat tubuh dan pikiran Anda.

9. Cuci tangan. Apa Anda baru saja bersalaman dengan orang lain? Apa Anda tahu apa yang baru dipegang oleh tangan itu? Sekarang, bayangkan kalau 20 orang bersin dengan menutupkan tangan mereka di kantor, lalu berjalan ke tempat gelas dan mengambilnya, membuat kopi, mengambil gula dan lain lain. Jadi selalu ingat untuk cuci tangan.

10. Dan yang terakhir, jauhkan diri Anda dari orang yang sedang terserang flu. Sekali lagi sering-sering lah mencuci tangan, ini lah cara terbaik untuk menjaga kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: