Tips Merawat Monitor LCD

Salam jumpa lagi sobat, setelah 1,2 hari belakangan sibuk blogwalking ke mana-mana dan juga memang lagi ga ada bahan untuk diposting, maka sekarang aku coba kembali memposting sedikit ilmu (??) yang aku ketahui, yaaah sekedar memberikan Tips Merawat Monitor LCD. Aku putuskan memposting artikel sederhana ini juga karena ada beberapa orang (konsumenku) yang bertanya, bagaimana sich kalau merawatmonitor LCD ? (rata-rata kompi di tempat kerjaku monitornya LCD semua). Akhirnya saya memutuskan untuk menulis artikel ini meskipun saya yakin sudah banyak situs atau blog yang sudah menuliskan tips merawatmonitor LCD. Tips untuk monitor LCD ini tidak hanya bertujuan untuk monitor LCD saja melainkan semua peralatan yang menggunakan LCD sebagai layar tampil (display) unit seperti PDA atau peralatan sejenisnya.

Berikut tips-tips yang harus diperhatikan agar monitor LCD lebih awet dan tahan lama.

1. Gunakan proteksi layar (screen protector atau pelindung layar) yang bisa diperoleh di toko-toko komputer untuk menghindari terjadinya goresan pada permukaan monitor dan terhindar dari debu.

2. Tidak dibenarkan menutupi kisi-kisi atau lobang pembuangan udara agar mudahnya terjadi pertukaran udara panas (dari dalam monitor) dan udara segar (dari alam) untuk menjaga temperatur yang stabil pada monitor.

3. Sebelum melakukan pembersihan pada layar monitor LCD , perhatikan semua sambungan aliran listrik diputuskan (kabel power supply dilepas dari konektornya) serta kabel data yang terhubung dari monitor ke CPU juga dilepaskan.

4. Bersihkan monitor LCD disarankan menggunakan cairan khusus pembersih LCD yang bisa diperoleh di toko-toko komputer. Selain cairan khusus LCD disarankan agar tidak digunakan karena bisa berakibat rusaknya layar LCD karena dikhawatirkan bisa diserap oleh layar LCD meskipun persentasenya kecil.

5. Pada saat membersihkan layar LCD harus menggunakan kain yang halus untuk menghindari terjadinya goresan akibat gesekan, dan proses pengelapan harus dilakukan gerakan searah.

6. Cairan pembersih LCD yang akan digunakan untuk membersihkan layar LCD tidak boleh disemprotkan langsung ke permukaan layar LCD akan tetapi disemprotkan ke kain lap yang akan digunakan untuk melap layar LCD dan lakukan lap layar LCD secara perlahan dan jangan terlalu keras ditekan.

7. Barang-barang yang memiliki magnet seperti speaker tidak boleh diletakan disisi monitor (CRT maupun LCD) karena gangguan magnetik bisa merusak tampilan pada monitor.

8. Tidak meletakan monitor pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Demikian sedikit tips untuk merawat monitor LCD, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membacanya.

Pendex Banget ya………….. he..he..he

Disadur Dari Berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: