Tips memilih RAM

Ada salah satu pertanyaan dari penjaga toko yang menarik bagi saya :

Costumer : mas… nyari RAM ada ?
Penjaga : ada mas… untuk pemakaian biasa atau untuk OC ?

Banyak orang beranggapan memory mahal akan lebih cepat, itulah kesalahan umum dari kebanyakan user, menganggap RAM sekelas Corsair Dominator, OCZ reaper, Team Extreme, A-Data Extreme, dll yang pake heatsink serem-serem bahkan ada yang pake water cooling segala bakal menaikan performa komputer mereka. Sebetulnya untuk pemakaian sehari-hari tidak akan terasa perbedaannya dengan memory kelas value. Mau semahal apapun harga memory tidak akan meningkatkan performa menjadi lebih cepat 2Xnya.

Lalu apa yang membuat suatu RAM lebih mahal dari yang lain? Kenapa Corsair Dominator, OCZ reaper, Team Extreme, A-Data Extreme lebih mahal ketimbang Visipro atau Vgen sekalipun? walau kalau Anda pakai memroy tersebut sama-sama 2 GB juga akan sama saja rasanya? apa sih yang bikin beda?

Simple sebetulnya, yang membedakan kinerja dari RAM tersebut adalah jenis chip yang digunakan, jadi para produsen membeli chip tersebut dari pabrik lain dan membuat atau me-relabel chip tersebut. Intinya ada kemungkinan juga merek berbeda seperti Apacer, Visipro, Vgen, dll mempunyai chip yang sama.

Masalah kinerja gimana? Perbedaan kinerja pada saat standar tidak akan terasa mungkin hanya akan terasa pada saat benchmark memory tetapi pada penggunaan sehari-hari tidak akan terasa perbedaan kecepatannnya dengan memory standar value seperti Visipro value, Vgen value dll. Untuk value RAM kebanyakan yang beredar di pasar menggunakan IC (chip) Samsung dan Hynix(Hyundai). Terus gimana cara melihat chip yang digunakan?

Nama chip dengan mudah dilihat di atas IC yang menempel di memory

ram1

Pada beberapa memory premium, mungkin akan agak sulit melihatnya karena biasanya tertutup heatsink dan beberapa diantaranya tidak mengijinkan pembukaan heatsink-nya (alasan garansi). Salah satu contohnya adalah gambar di bawah ini, ini adalah contoh dari Team Xtreem menggunakan chip dari D9GKX

ram2

Sehingga kesimpulannya, RAM bukan dilihat dari mereknya, atau juga bentuknya serta harganya. Kalau harga RAM sampai 1 juta sekalipun dengan heatsink macem-macem dan bentuk yang terlihat sangar tapi dijalanin default, sama aja mubazir. Punya RAM jutaan dengan heatsink macem-macem tapi chipnya Hynix atau samsung juga sama aja dibohongin.

Tetap karakteristik dari chip yang dipakainya yang akan menentukan kualitasnya. Dan perlu diperhatikan bahwa kinerja seluruh RAM apabila dijalankan default adalah ?sama? bedanya pas benchmark default, itu juga dengan point terpaut dikit, sehingga percuma beli RAM wahid tapi dijalanin default. Kualitas RAM yang biasanya dilambangkan dari harga-nya dapat dilihat dari kemampuannya untuk berjalan di timing ketat dan juga frekuensi tinggi (overclocking).

So, kalo mau beli RAM sesuaikan dengan kebutuhan aja, klo untuk pemakaian sehari-hari (default) ga usah beli RAM yg pake chip garang ?OC edition? beli ja RAM yg value kan lebih irit di kantong, tp klo mo maen overclock beli yang chipsetnya garang plus pendingin heatsink or kipas sekalian kayak produknya corsair, jgn mao dibodohin sama penjual yg bilang ?Ini RAM garang mas… liat aja tu heatsinknya? hahahha… emang beli RAM diliat dari heatsink yg nempel…

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: