Sahitel DB105C: Pendatang Baru dengan Harga Kompetitif

Jelas agak aneh mendengar nama Sahitel juga hadir dalam produk kamera digital. Pasalnya, merek ini lebih umum dikenal sebagai pembuat peranti telepon atau mini compo. Rupanya Sahitel mencoba melakukan diversifikasi barangnya agar lebih menjangkau lebih banyak konsumen.

Nah, produk yang disebut Sahicam DB105C ini merupakan salah satu seri kamera digital yang menawarkan kemampuan resolusi foto hingga 10 megapixel. Seberapa menariknya gadget ini?

Dengan dimensi yang cenderung konvensional dan juga tebal (3,5 cm), kamera ini tanpak kurang menarik dibandingkan model ramping yang kini ramai didengungkan pemain kamera populer. Namun Sahitel agaknya sengaja membuat kamera low-profile dengan feature yang cukup kompetitif, mengunggulkan resolusi serta harga jualnya. Model tombol kontrol juga cenderung kurang eksklusif namun tetap mudah dipakai. Sayangnya lagi, material yang dipakai cenderung licin sehingga tidak membuat genggaman (grip) terasa mantap. Saran kami, berhati-hatilah saat Anda memegangnya dengan sebelah tangan.
Untuk urusan fotografi, Sahicam hanya mengandalkan lensa optis biasa dengan kemampuan zoom optis 3x dan bidikan makro hingga 5 cm. Untuk memudahkan bidikan, Sahicam DB105C memiliki 24 skema terprogram yang bisa dipilih melalui menu. Di antara skema ini ada pilihan yang cukup berbeda seperti modus bidik percikan air (splash water) dan air mengalir (flowing water). Yang agak mengherankan, pilihan modus potrait untuk wajah ternyata dibedakan antara pria dan wanita. Mungkin karena kontur wajah keduanya memang berbeda sehingga diperlukan setting pencahayaan yang berbeda pula.
Agar lebih cepat diakses, beberapa feature foto dihadirkan langsung pada tombol seperti fungsi backlight dan exposure yang menyatu di bagian tombol arah kiri atau modus makro dan face detection pada arah atas. Anda harus memerhatikan indikator yang muncul pada layar LCD 2,5” berupa sebuah icon dengan warna tertentu. Letak aneka feature pada tombol ini sebagian cukup berbeda dengan kamera kebanyakan sehingga Anda yang belum terbiasa mungkin akan kebingungan pada awalnya. Namun jika telah terbiasa, Anda tentu tidak akan mengalami kesulitan memakai kamera ini.
***
Dari beberapa percobaan bidik yang kami lakukan, ternyata kualitas foto kamera ini tergolong tidak istimewa. Foto cenderung muncul dengan karakter warna lembut yang pudar (soft) di berbagai level ISO. Noise atau bintik pun masih kuat mengiringi foto yang didapat, terutama jika kondisi cahaya agak minim. Beberapa kelemahan juga kami catat seperti imbuhan informasi tanggal pada foto yang terlihat kabur, ketiadaan zoom saat perekaman video berlangsung, dan ketidakmampuan preview foto yang disalin (copy) dari memori internal ke kartu memori. Namun kami juga menyukai kemampuan kamera ini untuk dijadikan webcam di komputer. Secara keseluruhan, Sahicam DB105C hanya menawarkan sejumlah faslitas menarik, yang sayangnya, diiringi sejumlah keterbatasan kualitas.
(Deny Prasetyo)
Spesifikasi Sahitel DB105C
Resolusi Pixel
10 megapixel
Resolusi Foto (min/max)
640×480 / 3648×2736 pixel
Resolusi Video (min/max)
320×240 / 640×480 @ 30 fps
Media Perekam
Internal 32MB, SD/MMC/SDHC
Format File (gambar/video/audio)
JPEG/AVI/WAV
Ukuran lensa ekivalen-35mm
36-108 mm
Aperture setting
f/2.8-4.8
Ekivalen ISO
64, 100, 200, 400, 1000
Zoom
3x optical, 4x digital
Kecepatan shutter (detik)
1 – 1/1000
Fokus terdekat terbaik (makro)
10 cm
Viewfinder
Tidak ada
Diagonal LCD
2,5 inci
Koneksi komputer
Mini USB
Tipe baterai/isi ulang
Lithium Ion 1250 mAh/ Ya
Charger baterai
Ada
Dimensi (plt)
9,2×5,7×3,5 cm
Bobot (gram)
172 (dengan baterai dan kartu memori)
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp1.705.000
* Sahitel International, (021) 532-3688
* Minggu pertama Mei 2009
Plus : Mudah dipakai; skema foto cukup banyak; bisa sebagai webcam; ada dukungan aplikasi; harga kompetitif.
Minus : Grip licin; foto terkesan soft dan ber-noise; koneksi data kurang umum.
Skor Penilaian
Kinerja
3,5
Fasilitas
3,75
Penggunaan
4
Harga
4,5
Skor Total
3,88

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: