Samsung ST550: Untuk yang Narsis dan Populis

Periset di Samsung memerhatikan bahwa banyak pengguna kamera kerap memotret dirinya terutama saat sedang berada di tempat menarik seorang diri. Namun hasil foto dengan cara biasanya kurang fokus atau tidak mencakup area yang diinginkan. Pasalnya, pemotret tidak bisa mengetahu dengan tepat posisi dirinya dalam foto. Kendala inilah yang diatasi Samsung via seri ST550 dengan LCD ganda. Sebuah LCD mungil di bagian depan akan membantu pengguna bercermin saat memotret dirinya. Inovasi yang cerdas bukan?

Meskipun bisa saja menempatlan cermin di bagian depan kamera seperti pada ponsel berkamera, agaknya Samsung bermaksud menjadikan LCD 1,5” di bagian depan ST550 berfungsi lebih menarik. Selain dapat menampilkan gambar obyek dengan jelas dan dinamis, layar mini ini juga bisa menampilkan status bidik kamera sehingga saat memotret dirinya sendiri pengguna bisa mengetahui mode bidik apa yang dipakai saat itu. Keren-nya lagi, memotret anak kecil atau bayi yang biasanya sulit diajak tertawa kini menjadi lebih mudah via feature Children Mode. Pada feature ini, LCD bagian depan akan menampilkan animasi badut lucu yang merangsang anak berekspresi riang.
Sepintas memang ST550 merupakan pengembangan lebih lanjut dari seri ST50 dengan spesifikasi serupa (termasuk kemampuan resolusi 12 megapixel). Namun, ST550 didesain lebih praktis dengan antarmuka Smart Gesture dan sensor gravity. Ini memungkinkan kita mengubah modus kamera atau melihat deretan foto pada layar LCD 3,5”-nya cukup dengan menggoyangkan kamera ke kiri dan kanan. Feature ini juga memungkinkan kita merotasi gambar dengan membuat tanda lingkaran dengan jari atau menghapus foto dengan membuat gerakan silang dengan jari. Setiap aktivitas pada layar sentuhnya ini akan menimbulkan getaran lembut sebagai tanda pilihan dilakukan, mirip dengan akses pada iPhone dan BlackBerry Storm.
Cukup banyak teknologi menarik yang dibenamkan pada ST550 seperti penstabil gambar ganda (optical dan digital image stabilization) atau bidikan cerdas Smart Auto (yang bisa memilih modus foto sesuai kondisi secara otomatis). Modus yang amat praktis ini akan disukai mereka yang tidak mau dipusingkan oleh pemakaian manual. Teknologi Smart Face Recognition juga menarik karena mampu mengingat hingga 20 wajah dan menyesuaikan fokus pencahayaan ke wajah-wajah yang paling sering tertangkap kamera. Hal ini memungkinkan konsumen mencari gambar dengan mendaftarkan wajah-wajah dan menyortirnya untuk mendapatkan gambar di Smart Album mereka dengan cepat dibandingkan jika harus melihat foto satu per satu.

***
Nyaris saja kami memberi nilai sempurna pada ST550 untuk kelas kamera saku yang cerdas berkat aneka feature yang berbeda dan amat berguna. Kamera ini juga memiliki noise yang masih cukup tinggi jika setelan ISO dibuat tinggi. Selain itu, grip kamera yang licin juga kurang nyaman digenggam saat memotret. Namun beberapa kekurangan minor ini belum cukup menutupi daya tarik ST550. Kamera serba bisa ini mampu menjawab kebutuhan Anda yang sering bertingkah narsis dengan meletakkan foto-foto di situs jejaring sosial. (Deny Prasetyo)

Spesifikasi Samsung ST550

Resolusi Pixel 12,4 megapixel
Resolusi Foto (min/max) 1024 x 768 / 4000 x 3000 pixel
Resolusi Video (min/max) 320 x 240 / 800 x 592 @ 15/20/30 fps
Media Perekam Internal 55MB & microSD
Format File (gambar/video/audio) JPEG/AVI/WAV
Ukuran lensa ekivalen-35mm 27-124,2 mm
Aperture Setting f/3.5-5.6
Ekivalen ISO 80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Zoom 4,6x optical, 5x digital
Kecepatan shutter (detik) 8 – 1/2000
Fokus terdekat terbaik (makro) 10 cm
Viewfinder Tidak ada
Diagonal LCD 3,5 inci (belakang) & 1,5” (depan)
Koneksi computer USB
Tipe baterai/isi ulang Lithium Ion 720mAh/ Ya
Charger baterai Ada
Dimensi (plt) 9,9×5,9×1,8 cm
Bobot (gram) 164 (dengan baterai dan kartu memori)
Garansi 1 tahun
Situs Web http://www.samsungcamera.com
Harga kisaran* Rp3.500.000

* Samsung Indonesia, (021) 5299-1777

* Minggu pertama November 2009

Plus : Mudah dipakai; ada dua LCD; feature fotografi menarik; bisa merekam video HD; lensa sudut lebar; ada perbaikan foto; ada sensor gerak.

Minus : Grip licin; banyak noise di ISO tinggi; port kamera kurang umum.

Skor Penilaian

Kinerja 4
Fasilitas 4,3
Penggunaan 4,5
Harga 3,5
Skor Total 4,09

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: