Tips: Lima Setting Penting untuk Musim Hujan

persiapan “Meninggalkan” Musim Kemarau
Sedikit demi sedikit, musim kemarau tersingkir oleh musim hujan. Sinar mentari tak lagi penuh menyinari karena tertutup awan kelam nan hitam. Hujan pun mulai sering turun. Otomatis, kita harus mengubah kebiasaan berkendara. Jalanan licin dan kabut tebal bisa membahayakan kita saat berkendara. Karena itu, Variasi Ambengan Jaya memberikan sedikit ilmu buat pengendara mobil.

Bola Lampu
Ketika hujan lebat, air cucuran dari awan bisa mengganggu jarak pandang kita di dalam mobil. Belum lagi kabut tebal yang siap menutupi jalan di sepanjang kota. Kalau tidak ekstra hati, nyawa menjadi taruhan. Lebih baik mencegah sebelum musibah menimpa kita.

Ingat, jangan gunakan bolam dari xenon yang mengeluarkan warna putih kristal. Sebab, sinarnya tidak akan memantul di jalan basah. Bolam empat musim yang memancarkan warna kuning adalah solusinya. Pandangan kita bisa jauh ke depan.

Lampu Sein Tambahan
Terkadang, para pengendara sangat meremehkan fungsi lampu pertanda belok ini. Berbelok sesuka hati tanpa memberikan sebuah sandi sering dilakoni anak muda masa kini. Tidak jarang, kita yang sudah berhati-hati menggunakan lampu sein pada saat tepat malah terkena musibah gara-gara pengendara lain yang asal gobet.

Di musim penghujan saat ini, kita malah butuh lampu sein tambahan. Yaitu, dipasangkan pada spion mobil. Kenapa? Itu diperlukan untuk meminimalkan kemungkinan pengemudi “lawan” tidak melihat lampu sein pada bagian moncong dan buritan mobil kita.

Lampu Kolong di Interior
Bukan hanya sebagai hiasan, lampu kolong juga bisa berfungsi sebagai peranti keselamatan. Pasang pada interior. Maka, lampu kolong yang terbuat dari beberapa LED akan memberikan kita penerangan tambahan. Itu membantu kita yang sedang membutuhkan barang ketika berjalan di daerah gelap. Konsentrasi tetap terjaga, kita juga bisa dengan mudah menemukan barang yang ingin kita ambil.

Air Conditioner
Usahakan agar AC tak menghadap langsung ke kaca mobil. Sebab, AC akan membuat kaca mobil kita mengembun. Ujung-ujungnya, hal itu bisa mengganggu jarak pandang kita.

Penampung Air Wiper
Alangkah baiknya jika tempat penampung air pada wiper (pembersih kaca) diisi cairan pembersih piring atau sejenisnya. Hal tersebut bisa membuat kaca menjadi lebih mengilat. Cocok untuk kondisi ketika hujan.

Sumber Jawapos.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: